5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Marah



Marah merupakan suatu emosi dasar yang dialami oleh manusia. Seseorang yang sedang marah dapat menimbulkan emosi secara fisik yang mengakibatkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta kelelahan. Biasanya marah disebabkan karena adanya perasaan tersakiti, tak dihargai, berbeda pandangan atau beberapa hal lainnya. Seseorang dalam keadaan marah sering kali tidak dapat mengendalikan dirinya sehingga melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik dilakukan. Biasanya seseorang yang tidak bisa mengendalikan dirinya meluapkannya dengan:

  • Kemarahan yang terus-menerus
  • Menyalahkan diri sendiri
  • Menghakimi dirinya maupun orang lain
  • Tidak berpikir jernih
  • Tergesa-gesa dalam mengambil keputusan

Banyak orang yang belum bisa mengendalikan dirinya saat marah, sehingga melakukan tindakan-tindakan yang akan memperburuk suasana. Ada 5 hal yang jangan dilakukan saat marah di antaranya :

  1. Saling mendiamkan

Tindakan yang satu ini merupakan bentuk kemarahan yang tersembunyi. Biasanya ia menyembunyikan amarahnya dalam keadaan diam, bahkan saling mendiamkan satu sama lainnya walaupun berada di tempat yang sama. Hal ini seharusnya jangan dilakukan, karena dengan saling mendiamkan tidak akan menyelesaikan suatu permasalahan.

hal yang dilakukan saat marah
Hal yang dilakukan saat marah (Ilustrasi/pixabay)

Dari Abu KhurasyAs-Sulaimiyradhiyallahu ‘anhu sesungguhnya ia mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,

“Barang siapa yang mendiamkan saudaranya selama satu tahun, maka ia seakan-akan telah menumpahkan darahnya” (HR. Abu Daud, dishahihkan oleh Al-Abani)

  1. Saling Menghindar

Bersikap saling menghindar juga bukan tindakan yang baik dilakukan karena hanya akan memperpanjang amarah yang terpendam. Sikap ini biasa dilakukan karena ada rasa marah yang menyebabkan kebencian untuk bertemu atau menyapa orang yang membuatnya marah.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, “Tidaklah Halal bagi seseorang mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, jika bertemu maka (yang satu) berpaling ke sini dan (yang lain) menghindar ke sana. Sebaik-baik di antara keduanya adalah yang memulai mengucapkan salam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saat dalam keadaan marah lebih baik kita memulai untuk memberikan salam atau dalam artian meminta maaf terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat amarah kita mereda sedikit demi sedikit.

  1. Tebar Cerita Sana-Sini

Cerita kepada orang lain memang tidak ada salahnya, terutama bagi kaum perempuan, hal seperti curhat itu sudahlah biasa. Tetapi curhat yang wajar itu hanyalah kepada satu atau dua orang saja. Saat kamu menceritakan kisahmu kepada banyak orang, kamu hanya akan menyampaikan berita-berita buruk kepada mereka tentang seseorang. Hal itu tidak boleh dilakukan, karena masalah yang dihadapi bukanlah termasuk konsumsi publik. Dan bukannya menyelesaikan masalah kamu, hanya akan menebar berita buruk kepada orang lain.

  1. Membuang Barang Pemberian

Membuang barang pemberian seseorang saat kamu marah hanya akan membuat menyesal di kemudian hari. Saat marah, seseorang biasanya tidak dapat berpikir jernih, sehingga melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai kehendak hati sebenarnya. Hal ini biasa dilakukan dengan membuang atau merusak barang yang tidak ada kaitannya dengan masalah yang dihadapi. Tindakan itu hanya akan membuat menyesal, karena secara tidak sengaja telah menghancurkan barang yang berharga dan memiliki kenangan yang indah.

  1. Meluapkan Amarah Dengan Kekerasan

Tindakan ini sangatlah tidak baik untuk dilakukan. Kita harus bisa mengendalikan diri kita saat marah, jangan biarkan amarah yang mengendalikan kita. Akan lebih baik jika sesuatu masalah diselesaikan dengan perdamaian. Meluapkan amarah dengan kekerasan hanya akan menambah masalah lain bukan menyelesaikannya. Kita bisa meluapkan amarah kita kepada hal-hal yang positif seperti berwudhu, sholat dan beribadah kepada Allah SWT.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Marah Post in | Last updated: January 10th, 2017 - 12 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + eleven =