5 Fakta Tentang Adzan yang Menakjubkan



Fakta tentang adzan begitu menakjubkan jika Anda mengetahuinya. Ternyata, adzan bukan hanya panggilan khusus bagi orang Islam untuk menunaikan sholat 5 waktu. Namun, adzan memiliki fakta-fakta yang mungkin Anda belum mengetahuinya. Berikut 5 fakta tentang adzan yang unik dan menarik untuk disimak.

5 Fakta Tentang Adzan yang Menakjubkan

Fakta tentang adzan yang menakjubkan
Fakta tentang adzan yang menakjubkan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Kekuatan suprantural bagi yang mendengar adzan

Bagi umat Islam, mendengar adzan seperti membangunkan dari mimpi tudurnya sehari-hari, lalu bergegas untuk melaksanakan sholat wajib. Simpul-simpul kesadaran psiko-religius di dalam otak segera bereaksi saat mendengar adzan melalui indra pendengar. Bukan hanya umat Islam saja, tetapi mereka yang non Islam jika terbiasa mendengarkan adzan juga akan merasa seperti ada orang yang mengajak sesuatu.

2. Asal mula adzan berkumandang

Pada zaman dulu, Rasulullah sempat bingung mencari cara bagaimana memberitahukan waktu sholat tiba kepada suluruh umatnya. Beberapa sahabat mengusulkan untuk mengibarkan bendera, menyalakan api di atas bukit, meniup trompet, hingga membunyikan lonceng besar. Akhirnya, seorang sahabat yang bernama Abdullah bin Zahid mengatakan kepada Rasulullah bahwa dirinya bermimpi dengan seseorang yang menyerukan lafaz-lafaz adzan seperti sekarang. Rasulullah menyetujui gagasannya, dan memulai mengumandangan azan sebagai penanda waktu sholat wajib.

3. Adzan berkumandang saat peristiwa penting

Inilah salah satu fakta tentang adzan yang menarik perlu Anda ketahui. Pertama, adzan berkumandang saat peristiwa pembebasan kota Mekkah oleh Rasulullah. Saat itu Bilal mengumandangkan adzan di atas Kabah yang sebelumnya menghancurkan semua berhala di sekitar dan di dalam Kabah. Adzan juga berkumandang saat Konstatantinopel jatuh ke pasukan Ottoman yang berhasil merebut dari kekuasaan kekaisaran Romawi Timur. Setelah berhasil masuk ke dalam kota, beberapa pasukan mengumandangkan adzan.

4. Adzan sudah berkumandan triliunan kali

Sudah sekitar 1500 tahun lebih Azan berkumandang sejak zaman Rasulullah hingga sekarang. Menurut perhitungan matematis, diperoleh angka 5.340.000.000.000. Suara adzan berkumandang silih berganti dari seluruh pelosok dunia.

5. Kumandang adzan yang tak pernah berhenti

Setiap wilayah di belahan dunia memiliki waktu yang berbeda-beda. Dengan begitu, waktu sholatnya juga berlainan, sehingga membuat seorang muadzin mengumandangkan adzan silih berganti dari satu negara ke negara lain, tanpa berhenti suaranya dan bersahut-sahutan. Sebagai contoh, jika adzan sholat subuh berkumandang di Indonesia, maka di wilayah benua Afrika akan berkumandang adzan sholat Isya. Itulah fakta tentang adzan yang menakjubkan.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- fakta tentang adzan - ketika adzan berkumandang panggilan siapa kuis - mimpi mendengar adzan bersahut sahutan - mimpi mendengar adzan merdu bersahut sahutan

Artikel Terkait dan Link Sponsor

5 Fakta Tentang Adzan yang Menakjubkan Post in | Last updated: November 2nd, 2015 - 9 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =