4 Tips dan Trik Menjaga Semangat Belajar



Seringkali kita merasa bosan dan mungkin sampai berujung kemalasan dengan rutinitas kita yang begitu-begitu saja. Di sini saya akan membagikan tips dan trik menjaga semangat belajar buat kita semua. Para orang tua juga wajib membacanya loh… Kan belajar nggak pernah kenal umur toh? Kalau buat anak yang masih mengenyam pendidikan, entah itu di bangku sekolah maupun kuliah. Belajar memang identik dengan membuka buku. Tapi sejatinya belajar ialah bagaimana cara kita bisa memahami apa yang telah kita dapatkan dari apa yang telah kita jalani. Contoh nih, para orang tua yang memiliki usaha, pasti akan belajar untuk me-manage apapun demi kemajuan usahanya. Benar begitu kan? So, belajar tak mengenal usia masih tetap berlaku loh… Berikut tips dan trik menjaga semangat belajar:

Tips meningkatkan semangat belajar

1. Motivasi

Langkah pertama ialah motivasi. “Untuk apa sih kita belajar? Kenapa mesti semangat buat belajar? Apa ada manfaatnya?” Ini yang sering ada di benak kita, terutama para pelajar. Oleh karena itu, coba deh kita cari motivasi. Seperti contoh yang telah saya berikan di atas. Seorang pengusaha harus belajar bagaimana dia mengatur mulai dari otak, waktu, bahkan tenaganya agar usaha maju. Untuk apa? Ya, untuk menghidupi dirinya beserta keluarganya.

Tips meningkatkan semangat belajar
Tips meningkatkan semangat belajar (Ilustrasi/pixabay)

Begitu pun para pelajar. Kita minimal mengertilah apa saja materi sekolah yang telah guru berikan kepada kita. Untuk apa? Ya pastinya, minimal untuk naik kelas kan? 😀

2. Konsentrasi

Setelah kita mempunyai motivasi tersendiri untuk apa kita belajar. Barulah kita harus berkonsentrasi. Bersungguh-sungguh dalam hal belajar untuk bisa mewujudkan apa yang telah kita impikan selama ini.

3. Bergaul dengan orang yang mempunyai semangat belajar tinggi

Sebenarnya bergaul bisa dengan siapa saja sih. Toh, setiap orang pasti punya kelemahan dan kelebihan tersendiri. Tapi yang pasti, lihatlah dan ambillah semangat belajar orang tersebut dari segi manapun.

4. Hargai waktu

Yang terakhir ialah menghargai waktu. Banyak slogan bertebaran “time is money, waktu adalah uang”. Jadi, kalau uang sangat beharga bagi setiap orang. Waktu pun juga demikian. Jadi hargai waktu kalian, atur sedemikian rupa sehingga akan muncul pernyataan “tiada hari tanpa belajar”

Nah, itulah beberapa tips dan trik Menjaga Semangat Belajar dari saya untuk kita semua.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- tips menjaga semangat

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Tips dan Trik Menjaga Semangat Belajar Post in | Last updated: December 12th, 2016 - 13 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 19 =