4 Tipe Teman SMA Saat Diajak Reunian



Kalian boleh saja sedang menikmati bangku kuliah saat ini, tapi masa SMA merupakan masa terindah yang pernah kalian alami. Betul nggak sih? Seperti lagunya Om Chrisye – Kisah Ka… Di sekolah, mungkin masa SMA-mu adalah masa dimana kamu bebas menjalin berteman tanpa memiliki beban seperti orang dewasa, atau masa dimana kamu menjalin hubungan dengan si dia.

tipe-tipe teman sma saat diajak reunian
tipe-tipe teman sma saat diajak reunian (Foto:Reuni 2bio2 sman 1 cimahi 88/wikimedia)

Tidak hanya pengalaman positif saja yang membuat masa SMA begitu diingat, banyak kenakalan-kanalakan yang dilakukan bersama teman sekelas di saat jam pelajaran sedang berlangsung. Kalian sering cabut ke kantin, telat masuk kelas, atau lupa membawa topi dan dasi di hari senin sewaktu upacara bendera. Hukuman yang paling sering diterima sudah pasti disetrap, menghormat bendera, atau bahkan digunduli!

Nah, bagi kalian yang telah melewati masa-masa indah itu, dan sekarang berada di bangku kuliah ataupun sudah bekerja, pastinya pernah dong menggelar acara reunian, baik itu reunian akbar seluruh angkatan di sekolah, atau memang reunin kecil-kecilan yang hanya diperuntukkan bagi kalian teman satu kelas. Berikut ini Tipe Tipe Teman SMA saat diajak Acara Reunian. Mungkin beberapa diantaranya bikin kita kesal, tapi kita bisa mengatasinya kok dengan beberapa cara.

1. Tipe Inisiator

Teman yang satu ini merupakan tipe pencetus digelarnya acara reunian. Mungkin dia merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjalin silaturahim diantara alumni sekolahnya. Kebanyakan sih teman yang satu ini merupakan mantan ketua OSIS atau Pramuka dulu yang memiliki link kuat diantara teman-teman yang lain atau bahkan guru. Dia merupakan sosok yang disegani diantara teman-teman yang lain. Memiliki nama besar di sekolah.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika sang Inisiator ini juga berasal dari teman-mu yang biasa saja di kelas. Seorang intropert bahkan bisa juga merancang acara reunian SMA dengan hanya mengandalkan nomor hape, kontak BBM atau melalui media sosial. Satu hal yang paling penting, tipe Inisiator ini harus diapresiasi penuh dan didukung dengan ikut membantunya.

BACA JUGA  STAN - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

2. Tipe Kontributor

Nah, tipe yang satu ini boleh dibilang sebagai pembantu sang inisiator. Ketika sang Inovator memberitahu rencana diadakannya reunian, dia langsung merespon dan menawarkan bantuannya. Dia memiliki antusiasme yang tinggi sehingga tanpa pikir panjang lagi dia akan segera membantu sang Inovator mempersiapkan reunian SMA kalian. Baginya, acara reunian ini sangat penting. Ia bisa saja menunda acara lain demi ikut dalam acara reunian SMA-nya. Tipe ini juga patut diberikan apresiasi.

3. Tipe Pasif

Berbeda dengan tipe kontributor, teman-mu tipe pasif ini cenderung normal respon atau yang jawabannya “oh” ketika diberitahu tentang rencana diadakannya reunian. Atau bahkan ia terlihat seperti tidak berminat untuk menghadiri acara reunian SMA kalian dikarenakan suatu hal yang lebih penting yang mesti ia lakukan. Bisa saja ia lebih memperdulikan reunian teman SMP atau kuliahnya. Atau dia lebih suka bekerja lembur daripada menghadiri acara reunian yang dikira tidak ada manfaatnya itu.

Tipe ini butuh pencerahan. Kalian sebagai teman yang peduli, harus menggerakkannya supaya menghadiri acara reunian SMA tersebut. Kalian bisa mengiming-iminginya dengan sesuatu yang konyol seperti mengatakan bahwa ….. incarannya selama di bangku SMA ternyata hadir dan mengharapkan kedatangannya. Atau bisa juga sedikit yang berbau materialisme, kalau sponsor acara reunian, yakni pak kepala sekolah, mengadakan undian yang berhadiah motor, misalnya. Segala cara kalian bisa lakukan supaya dia hadir di acara reunian SMA kalian. Jangan sampai dia kehilangan silaturahim dengan teman-teman SMA-nya.

4. Tipe Oposisi

Dari ketiga tipe yang telah dipaparkan di atas, tipe terakhir ini merupakan tipe yang paling menyusahkan, membuat onar, mengejek, pesimis dan paling tidak tahu aturan. Betul, dia merupakan seorang pembangkang! Dari semua agenda atau rencana yang telah kalian susun demi tercapainya sebuah acara reunian SMA, dia rela menyita waktunya untuk menggagalkan agenda kalian tersebut demi kesenangannya.

BACA JUGA  STAN - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Tipe oposisi ini memiliki berbagai tujuan untuk menghancurkan agenda reunian kalian. Mungkin dia memiliki dendam pribadi dengan sang inovator sehingga ia merasa menggagalkan reuni SMA ini akan menggenapi  dendamnya terhadap sang inovator. Atau dia punya dendam dengan guru di SMA. Kenakalannya yang berbuah hukuman masih saja diingat-ingat. Mungkin juga ia malu bertemu dengan kalian, teman-teman SMA-nya karena keadaannya sekarang jauh lebih inferior ketimbang kalian. Berbagai alasan ini hanya sebagian kecil yang mendasari dia untuk melakukan penggagalan acara reunian SMA kalian.

Apa yang mesti dilakukan terhadap tipe Oposisi ini? Tipe ini butuh perlakuan khusus, atau tidak sama sekali. Mengapa? Justru dengan meladeni teman kalian dengan tipe seperti ini akan menyita waktu berharga kalian untuk mempersiapkan acara reunian. Jadi, selama ia masih mengganggu hanya sebatas psikis, tidak mengganggu secara teknis, maka ABAIKAN saja! Tapi bila kelakuannya sudah melebihi ambang batas kenormalan, kalian bisa bergerak bersama untuk memberi dia pelajaran, seperti Matematika, Fisika dan Sebagainya (Hehehe!).

Oke, sekian Tipe Tipe Mengumpulkan Teman SMA di Acara Reunian kali ini. Kalian bisa mengisi waktu reunian dengan saling mengobrol mengenai tingkah laku kalian sewaktu SMA. Hal ini menjadi materi lelucon yang panjang yang bikin kalian tertawa dan terbawa kembali di suasana SMA. Dan di saat reuni-lah saat yang tepat untuk menunjukkan diri kita yang sebenarnya yang telah berubah menjadi lebih dewasa di hadapan teman-teman SMA lainnya.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- reuni SMA - reunian sekolah - teman SMA berubah pada saat kuliah - reunian sma - teman SMA - kegiatan yang biasa dilakukan saat reuni osis - hal yang pentingyang di lakukan dalam mebuat kegiatan reuni - Grup SMA reuni ada yang jadi semoga kalian - tips menghadiri acara reunian di sekolah - bagaimana sosialisasi ke teman untuk acara reuni

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Tipe Teman SMA Saat Diajak Reunian Post in | Last updated: December 12th, 2016 - 41 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =