4 Tempat Wisata Paling Populer di Semarang Jawa Tengah



Bila anda sedang berkunjung ke Kota Atlas yakni Semarang atau ke kota lainnya di sekitar Semarang, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi beberapa objek wisata menarik di Semarang dan sekitarnya. Sebagai panduan, di sini kami uraikan artikel tentang beberapa obyek wisata di Semarang yang paling populer serta harus dikunjungi ketika berwisata di Kota Semarang :

Lawang Sewu

Lawang sewu
Lawang sewu (Foto: Wikimedia)

Gedung Lawang Sewu ialah satu diantara tempat wisata terpopuler di Semarang dan telah menjadi magnet bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Lawang Sewu ini berupa sebuah gedung kuno yang luas, peninggalan dari bangsa Belanda. Letaknya berada pada sentra Kota Semarang, tepatnya di Jalan Pemuda, Semarang. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 yang dipergunakan untuk kantor perusahaan Perkeretaapian Belanda. Semua kegiatan tentang perkeretaapian Belanda di Jawa Tengah serta Yogyakarta berpusat di Gedung ini. Sehingga tidaklah heran bila bangunan gedung begitu megah dan sangat luas.

Nama Lawang Sewu sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti Seribu Pintu. Sangat terkait dengan arsitektur bangunan yang begitu megah serta luas yang terdiri dari ratusan jendela besar yang tinggi. Jadi istilah “lawang” yang merupakan “pintu” sebenarnya mengacu pada ratusan jendela yang tinggi besar bagaikan pintu yang ada di setiap ruangan pada bangunan tua ini. Sebab banyaknya serta saking besarnya itulah mengapa disebut sebagai Lawang Sewu (Seribu Pintu). Bangunan bersejarah ini, kini sudah tak digunakan lagi. Karena telah lama kosong, maka kesan pertama yang ditangkap saat mengunjung tempat ini ialah angker dan seram.

Tetapi justru kesan angker inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan Lawang Sewu. Kesan angkernya terasa lebih kuat lagi karena gedung ini digunakan sebagai penjara bawah tanah di masa penjajahan Jepang. Ada banyak ruangan sempit di bawah tanah yang telah dijadikan sel-sel bagi tahanan perang. Dan di sana para tahanan tersebut diperlakukan tak manusiawi, bahkan hingga banyak yang meninggal di tempat ini. Meskipun menakutkan, namun kawasan ini telah mengalami pemugaran dan sampai saat ini gedung Lawang Sewu masih dimanfaatkan sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di Semarang yang paling populer.

BACA JUGA  Alasan Mengapa Kamu Wajib Traveling

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (Gambar: Wikipedia)

Masjid Agung Jawa Tengah telah menjadi salah satu kawasan wisata di Kota Semarang yang harus dikunjungi ketika singgah di Semarang. Khususnya bagi para kaum Muslim, sepertinya sangat disayangkan apabila belum berkunjung dan menikmati suasana Masjid. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu Masjid terbesar di Indonesia, sehingga membuatnya selalu ramai dengan pengunjung. Bukan hanya para umat Islam saja, tetapi para wisatawan lainnya yang sangat tertarik dan ingin melihat kemegahan arsitektur dari bangunan Masjid Agung Jawa Tengah.

Sebenarnya masjid ini dirancang tidak hanya untuk beribadah saja, namun juga ditujukan untuk wisata religius. Hal ini nampak dari berbagai sudut bangunan yang fungsinya untuk bermacam-macam kegiatan, mulai dari keperluan ibadah, perpustakaan, pernikahan dan penginapan. Selain arsitektur bergaya kolaborasi dari Islam, Jawa dan Romawi, yang paling menarik dari Masjid Agung Jawa Tengah yaitu terdapat 6 menara payung besar, tingginya mencapai 20 meter yang dapat terbuka lebar, diameternya kira-kira 14 meter.

Sam Poo Kong

Sam Poo Kong
Sam Poo Kong (Gambar: Wikipedia)

Kawasan wisata di Semarang yang juga sangat populer ialah Klenteng yang bernama Sam Poo Kong. Anda wajib melihat keindahan arsitektur bangunan Klenteng ini apabila sedang berada di Semarang. Uniknya, hingga saat ini masih banyak orang rancu atas keberadaan klenteng ini. Terutama mereka warga keturunan Tionghoa, menganggap bahwa bangunan ini ialah tempat untuk bersembahyang. Tidaklah mengherankan sebab dari segi arsitektur bangunannya mirip sekali dengan bentuk bangunan Klenteng pada umumnya. Bahkan di dalam bangunan ini terdapat bermacam-macam kelengkapan untuk sembahyang seperti yang ada pada Klenteng lainnya.

Tetapi jika menilik dari sisi lain dari sejarahnya, bangunan ini didirikan oleh Laksamana Cheng Ho atau Zheng he dari Tiongkok. Beliau merupakan seorang kasim yang beragama Islam. Beliau berlayar meninggalkan negeri Tiongkok lalu mendarat di Semarang pada awal abad ke-15 M. Di daerah inilah Laksamana Cheng Ho mendirikan sebuah bangunan masjid untuk melaksanakan ibadah dan mengembangkan agama Islam. Jadi menurut sejarah, diyakini bahwa bangunan ini sebenarnya merupakan bangunan masjid.

BACA JUGA  Yuk Traveling Culinary ke Gresik

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan tempat wisata alam bahari di Semarang yang menawarkan keindahan pantai bagi para pengunjungnya. Pantai Marina tak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan atau pada masa libur sekolah. Dulunya pantai ini kurang diminati pengunjung karena kawasan pantainya belum seindah saat ini. Dulu tempat ini dipadati oleh semak belukar yang dipenuhi tanaman bakau. Tapi, seiring berjalan waktu dan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, sehingga kemudian pemerintah kota Semarang memberikan perhatian lebih untuk kawasan pantai ini. Di Pantai Marina terdapat banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar pantai, sehingga membuat udaranya sejuk dan menyegarkan pula.

Di pantai Marina, para pengunjung dapat duduk bersantai atau tiduran di bawah pohon sambil menikmati deburan ombak laut. Selain itu juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik lainnya seperti, jalan santai atau lari kecil, menyewa perahu, berenang dan bermain ski air.

Demikianlah 4 Tempat Wisata Paling Populer di Semarang Jawa Tengah, semoga bermanfaat.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- pengertian wiki - wisata semarang yang sangat populer saat ini - apa nama pintu pendeteksi di tempat wisata - macam macam nama pintu di jaawa tengah - masjid lawang sewu di jawa tengah - paling populer di semarang - wisata paling populer di semarang

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Tempat Wisata Paling Populer di Semarang Jawa Tengah Post in | Last updated: January 3rd, 2017 - 10 views
Gravatar Image
Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =