4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru



Negara Indonesia sangat kekurangan guru yang berkualitas tinggi, sehingga perlu dikaji kembali apa saja kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Kompetensi yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi seorang guru yang menentukan sifat dan tata cara mengajar kepada muridnya, jika seorang guru tidak memiliki kompetensi yang baik, maka guru tersebut tidak bisa dikatakan sebagai seorang guru profesional.

Pendidikan di Indonesia masih sangat terbelakang jika dibandingkan dengan pendidikan negara maju. Faktor utamanya ialah guru-guru yang tidak memiliki kompetensi yang baik. Indonesia masih menerapkan sistem kuantitas tanpa memperhatikan kualitas setiap gurunya.

4 kompetensi dasar guru
4 kompetensi dasar guru (Ilustrasi/pixabay)

Sebagai seorang Guru, begitupun juga calon-calon Guru harus memperhatikan kompetensi dalam mengajar. Kompetensi menurut UU Guru/Dosen adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya.

Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki (Pasal 10 UU Guru/Dosen) :

  1. Kompetensi Pedagogik,

Yaitu kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Seorang guru harus bisa mengondisikan keadaan kelas dengan baik, seorang guru yang profesional memiliki beberapa teknik dalam mengajar dengan baik dan benar, sehingga ia dapat mengelola pembelajaran yang baik bagi peserta didik.

2. Kompetensi Kepribadian,

Seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, berwibawa, bijaksana, serta dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Seorang guru harus mencerminkan kepribadian yang baik kepada peserta didik, itu artinya seorang guru dapat dijadikan teladan yang baik bagi peserta didik. Contoh : seorang guru menggunakan pakaian yang sopan, tidak mengenakan jeans, juga tidak terlambat masuk kelas.

3. Kompetensi Profesional,

Seorang guru harus memiliki penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Sebelum mengajar, seorang guru harus mempersiapkan materi untuk diajarkan kepada peserta didik. Dalam hal ini, seorang guru harus memiliki rancangan pembelajaran seperti RPL, SILABUS dan semacamnya. Seorang guru harus dapat menuangkan apa yang telah ia pelajari sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Seorang guru dikatakan professional jika ia memberikan pelajaran sesuai dengan apa yang pernah ia pelajari dan pendidikan yang ia tempuh. Contoh : lulusan S1 Pend. Matematika, maka akan menjadi Guru/Dosen Matematika.

4. Kompetensi Sosial,

Guru harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif dan efisien. Guru harus dapat berkomunikasi kepada siswanya, sesama guru, atasan maupun wali dari peserta didik, dan termasuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Kemampuan ini harus dimiliki setiap guru karena seorang guru pasti hidup di lingkungan sekolah, lingkungan bermasyarakat, sehingga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik untuk mendukung pekerjaan yang sedang dilakukan.

Tidak semua guru dapat dikatakan sebagai guru profesional, guru profesional hanya seorang guru yang memiliki kompetensi-kompetensi seperti yang disebutkan di atas. Di Indonesia, masih banyak guru yang tidak menerapkan kompetensi tersebut, sehingga dampaknya pendidikan Indonesia masih terbelakang.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- 4 faktor yg harus dimiliki seorang guru - kompetensi yang harus dimiliki guru - kompetensi yang harus dimiliki seorang guru

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru Post in | Last updated: December 18th, 2016 - 30 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 5 =