4 Faktor Penghalang Terkabulnya Doa



Selain syarat-syarat yang dipenuhi untuk terkabulnya sebuah doa. Ada beberapa faktor yang menghalangi terkabulnya sebuah doa. Hal ini harus dihindari oleh sang pendoa karena dapat menghindarkan diri dari hal-hal yang  kurang baik, juga menyempitnya kesempatan dikabulkan doa oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Berikut faktor-faktor yang menghalangi terkabulnya doa :

  1. Melakukan hal yang merupakan keterbalikan dari syarat-syarat terkabulnya doa

Yang merupakan syarat-syarat terkabulnya doa ialah :

  • Ikhlas
  • Bersungguh-sungguh
  • Husnuzan kepada Allah
  • Tawakal
  • Sabar dan tidak Tergesa-gesa
  • Yakin dikabulkan
  • Tidak mendikte Allah
  • Disertai dengan usaha riil
  1. Berdoa dengan doa maksiat

Maksud doa maksiat ialah doa yang merupakan keinginan/permintaan untuk hal-hal yang melanggar syariat islam, juga perilaku-perilaku yang tidak baik. Seperti berdoa untuk mendapatkan harta riba yang melimpah. Riba merupakan hal yang tidak baik, karena memakan hak milik orang lain. Perbuatan maksiat merupakan perbuatan yang sangat dibenci Allah, dan Allah tidak akan mengampuni orang-orang yang melakukan perbuatan maksiat.

penyebab doa tidak dikabulkan allah
penyebab doa tidak dikabulkan allah (Ilustrasi/pixabay)

Perbuatan maksiat akan mendapatkan balasan dari Allah baik di dunia maupun akhirat. Yang termasuk perbuatan maksiat ialah syirik (menyekutukan Allah), Ghibah (menggunjing), Riba (mengambil harta orang lain), berz*na dan banyak hal lainnya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

“Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya baginyalah neraka jahanam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.” 

  1. Berdoa dengan doa pemutus tali silaturahmi

Silaturahmi merupakan hal yang sangat baik, mengantarkan kebaikan hubungan dengan sesama manusia. Silaturahmi menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungannya dengan Allah di dunia dan akhirat. Silaturahmi juga dapat menjadi penyebab umur yang panjang dan banyak rezeki.

 “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi” (Muttafaqun ‘alaihi)

BACA JUGA  Ayat 1000 Dinar Kunci Rezeki

Rasulullah telah menjelaskan bahwa menyambung silaturahmi lebih besar pahalanya daripada memerdekakan seorang budak. Berdoa dengan memutus tali silaturahmi sama dengan memutus hubungannya dengan Allah, jika seorang hamba terputus hubungannya dengan Allah, bagaimana doa tersebut akan dikabulkan?

Ar-rahim itu tergantung di Arsy. Ia berkata “Barang siapa yang menyambungku, maka Allah akan menyambungnya. Dan barang siapa yang memutusku, maka Allah akan memutus hubungan dengannya”. (Muttafaqun ‘alaihi)

 “Tidaklah masuk surga orang yang suka memutus, (memutus tali silaturahmi)” (Muttafaqun ‘alaihi)

Memutus tali silaturahmi yang paling besar ialah memutus tali silaturahmi dengan orang tua. Bahkan kita dianjurkan untuk menjalin tali silaturahmi kepada kerabat-kerabat kita, meskipun mereka memutuskannya. Sungguh kita akan mendapatkan balasan yang baik atas mereka.

  1. Mengonsumsi yang haram

Mengonsumsi yang haram meripakan tindakan melanggar perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah mengharamkan sesuatu tidak lain karena rasa sayang terhadap hamba-Nya dan tidak lain untuk kebaikan manusia. Rasulullah bersabda yang artinya

“Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterimanya doa itu?” (HR Muslim)

Doa yang insya Allah akan dikabulkan oleh Allah ialah berdoa dan menjauhi faktor-faktor di atas dan melaksanakan segala perintah Allah, juga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat semua doa-doa kita sebagai hamba Allah terkabul, Aamiin.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Faktor Penghalang Terkabulnya Doa Post in | Last updated: January 21st, 2017 - 11 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + ten =