3 Pemenang Nobel Kimia untuk Mesin Terkecil di Dunia



Tiga ilmuwan telah memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang kimia pada Rabu, untuk mengembangkan mesin terkecil di dunia. Mesin tersebut 1.000 kali lebih tipis dari rambut manusia, tetapi dengan potensi untuk merevolusi komputer dan sistem energi.

Dilansir dalam Fox News Science, Prancis Jean-Pierre Sauvage, kelahiran Skotlandia Fraser Stoddart dan ilmuwan Belanda Bernard “Ben” Feringa berbagi 8 juta kronor ($ 930.000) hadiah untuk “desain dan sintesis mesin molekuler,” kata Royal Swedish Academy of Sciences.

Mesin pada tingkat molekuler telah mengambil studi kimia, untuk dimensi baru dan “kemungkinan besar akan digunakan dalam pengembangan hal-hal seperti bahan baru, sensor dan sistem penyimpanan energi.

Hadiah Nobel
Hadiah Nobel (Ilustrasi/pixabay)

Stoddart, seorang profesor kimia di Northwestern University di Evanston, Illinois, telah mengembangkan sebuah chip komputer berbasis molekul dengan memori 20 Kb. Para peneliti percaya, chip begitu kecil dapat merevolusi teknologi komputer cara transistor berbasis silikon dulu.

Feringa, seorang profesor kimia organik di University of Groningen, Belanda, memimpin sebuah kelompok riset yang pada tahun 2011 membangun sebuah “nanocar,” sebuah kendaraan yang sangat kecil dengan empat motor molekul sebagai roda.

Sauvage ialah profesor emeritus di University of Strasbourg dan direktur emeritus penelitian di Pusat Nasional Perancis untuk Penelitian Ilmiah.

Akademi mengatakan pekerjaan peraih ‘telah mengilhami peneliti lain untuk membangun mesin molekuler semakin canggih, termasuk sebuah robot yang dapat memahami dan menghubungkan asam amino, blok bangunan protein. Para peneliti juga berharap untuk mengembangkan jenis baru dari baterai menggunakan teknologi ini.

“Saya merasa sedikit seperti bersaudara, yang terbang 100 tahun yang lalu untuk pertama kalinya dan kemudian orang-orang mengatakan ‘mengapa kita membutuhkan mesin terbang?'” ujar Feringa kepada wartawan di Stockholm melalui telepon. “Dan sekarang kita memiliki Boeing 747 dan Airbus. Jadi itulah sedikit bagaimana saya merasa.”

“Saya telah memenangkan banyak penghargaan, tapi Hadiah Nobel adalah sesuatu yang sangat istimewa. Ini hadiah paling bergengsi, yang paling ilmuwan bahkan tidak berani bermimpi dalam mimpi terliar mereka,” katanya.

Mesin molekuler adalah molekul dengan gerakan dikontrol, yang dapat melakukan tugas ketika energi ditambahkan, kata akademi.

Dikatakan Sauvage, membuat terobosan pertama pada tahun 1983 ketika ia terkait dua molekul berbentuk cincin bersama untuk membentuk rantai. Stoddart mengambil langkah berikutnya pada tahun 1991 oleh cincin molekul ke sebuah poros molekul, sementara Feringa merupakan orang pertama yang mengembangkan motor molekul pada tahun 1999 ketika ia mendapat blade rotor molekul berputar terus-menerus ke arah yang sama.

Akademi mengatakan “miniaturisasi mesin” hanya di tahap awal, dengan berpotensi “mendebarkan” perkembangan ke depan.

“Motor molekul pada tahap yang sama dengan motor listrik ada di tahun 1830-an, ketika para ilmuwan menampilkan berbagai engkol berputar dan roda, tidak menyadari bahwa mereka akan menciptakan kereta listrik, mesin cuci, kipas dan pengolah makanan,” kata akademi.

Feringa bisa memikirkan semua jenis aplikasi yang potensial, termasuk bahan cerdas yang beradaptasi dengan kondisi eksternal atau “robot kecil yang para dokter di masa depan akan menyuntikkan dalam pembuluh darah Anda dan kemudian mencari sel kanker atau memberikan obat. ”

Donna Nelson, presiden dari American Chemical Society, mengatakan pemenang bertemu tantangan tidak hanya membuat mesin, tetapi juga menunjukkan bahwa mereka bekerja.

Hadiah kimia merupakan yang terakhir dari penghargaan sains tahun ini. Hadiah Obat dari seorang ahli biologi Jepang yang menemukan proses dimana sel rusak dan mendaur ulang konten. Hadiah fisika dibagi oleh tiga ilmuwan kelahiran Inggris untuk penemuan teori yang menjelaskan hal yang aneh dari materi.

Hadiah Nobel Perdamaian akan diumumkan hari ini (Jumat), ekonomi dan penghargaan sastra akan diumumkan minggu depan.

Nobel Hadiah akan diserahkan pada upacara di Stockholm dan Oslo pada 10 Desember 2016, hari ulang tahun kematian pendiri hadiah Alfred Nobel pada tahun 1896.



Artikel Terkait dan Link Sponsor

3 Pemenang Nobel Kimia untuk Mesin Terkecil di Dunia Post in | Last updated: October 7th, 2016 - 11 views
Gravatar Image
Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 5 =