10 Petinju Legendaris di Dunia



10 petinju legendaris sepanjang masa menjadi informasi yang sangat menarik untuk disimak. Anda sekalian yang mengaku pecinta tinju maupun yang bukan, sudah seharusnya mengetahui bahwa jenis olahraga bela diri memiliki pahlawan-pahlawan saat bertanding di atas ring. Prestasi dan kemenangan yang para petinju dapatkan, akhirnya membuat mereka tercatat dalam sejarah sebagai petinju legendaris yang pernah ada. Lalu, siapa 10 petinju legendaris sepanjang masa tersebut? Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

  1. Muhammad Ali
Muhammad Ali - Petinju legendaris dunia
Muhammad Ali – Petinju legendaris dunia (Wikipedia)

Petinju yang sering dipanggil Ali ini lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat pada tahun 1942. Nama aslinya adalan Cassius Marcellus Clay, Jr. Namun setelah berpindah agama Islam, memutuskan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali. Sepanjang karier profesionalnya, Ali memenangkan 56 dari 61 pertandingan yang dilakoninya. Sementara itu, 37 kali kemenangannya melalui knock out (KO). Gelar kelas berat pertama didapatkan Ali pada tahun 1964 setelah berhasil memenangkan pertandingan di atas ring melawan Liston, seorang petinju yang terkenal agresif saat bertanding tinju. Ali pensiun menjadi petinju pada tahun 1981. Dia dinobatkan oleh majalah Ring sebagai Fighter of the Year. Selain itu, Ali dinobatkan sebagai Sportman of the Century oleh Sports Illustrated pada tahun 1999.

2. Rocky Marciano

Salah satu petinju kelas berat asal Amerika Serikat yang lahir pada tahun 1969. Hal yang istimewa dari seorang Rocky, yaitu dia tidak pernah terkalahkan dalam karier profesionalnya saat bertinju di atas ring. Tercatat Rocky memenangkan 49 pertandingan yang dilakoninya. Sementara itu, 43 kemenangannya melalui knock out (KO). Rocky memulai karier profesional sebagai petinju pada tahun 1947. Selanjutnya, Rocky menjadi juara kelas berat antara tahun 1952 – 1956. Bahkan, sepak terjangnya difilmkan ke layar lebar dengan judul film ‘Rocky’, dan berhasil meraih piala Oscar dengan pemeran utama Silvester Stallone.

3. Joe Frazier

Frazier menjadi salah satu petinju yang menjuarai kelas berat terbesar dalam sejarah. Dia sangat terkenal karena memberanikan diri bertarung di atas ring melawan Muhammad Ali. Tercatat 3 kali Frazier bertanding dengan Ali dalam sejarah tinju profesional. Frazier berhasil memenangkan 32 dari 37 pertandingan yang dilakoninya. Mata kiri Frazier telah buta, tetapi tidak membuatnya patah semangat untuk menjadi seorang petinju profesional dan masuk dalam International Boxing Hall of Fame.

4. George Foreman

Petinju legendaris berikutnya, yaitu Foreman yang lahir di Texas, Amerika Serikat pada tahun 1949. Dia memulai menjadi petinju profesional pada tahun 1969. Pada tahun 1971, Foreman berhasil memenangkan 32 pertandingan yang pernah dilakoninya, hingga dia bisa menyabet gelar juara tinju kelas berat versi WBA dan WBC. Pertandingannya yang legendaris, yaitu saat berhasil meng-KO Joe Frazier dan membuatnya merebut gelar juara dunia. Akhirnya, Foreman pensiun dari atas ring pada tahun 1977 dan mengabdikan diri di gereja.

5. Jack Dempsey

Dempsey dilahirkan di Amerika Serikat pada tahun 1985. Dia menjadi seorang petinju yang terkenal saat Perang Dunia I berlangsung. Dempsey tercatat berhasil memenangkan 62 dari 83 pertandingannya di atas ring. 50 kemenangannya berhasil diperolehnya lewat knock out (KO). Seorang petinju yang begitu agresif dan ditakuti banyak lawan-lawannya. Dempsey juga menjadi anggota dari International Boxing Hall of Fame.

6. Joe Luis

Salah satu dari 10 petinju legendaris sepanjang masa ini lahir di Amerika Serikat pada tahun 1914. Luis memulai tinju profesionalnya pada tahun 1934. Tercatat Luis berhasil 69 dari 72 pertandingan yang dilakoninya, di mana 56 kali berhasil meng-KO lawan-lawannya di atas ring. Dengan kehebatannya tersebut, Luis dianugerahi medali emas oleh Kongres untuk mengenang jasa dan kehormatannya di tahun 1982.

7. Evander Holyfield

Petinju dengan nama panggilan Evan ini terlahir di Amerika Serikat pada tahun 1962. Dia tercatat dalam sejarah tinju dunia dengan kemenangan 39 kali dari 49 pertandingan yang pernah dilakoninya dalam tinju profesional. Sementara itu, 26 kemenangannya didapatkannya dengan berhasil meng-KO lawan-lawannya di atas ring. Pertandingan yang paling bersejarah yang dilakukan Evan, yaitu saat melawan Mike Tyson dan Lennox Lewis. Diketahui bahwa Evan mendapatkan gelar juara dunia empat kali.

8. George Chuvalo

Seorang petinju besar yang lahir di Kanada pada tahun 1937. Dalam karier tinju profesionalnya, dia banyak bertanding dengan melawan petinju kelas berat profesional lainnya, tak terkecuali Muhamamd Ali. Tercatat Chuvalo berhasil memenangkan 73 pertandingan sepanjang kariernya, dan 64 di antaranya melalui knock out (KO) kepada lawan-lawannya. Dia masuk dalam Sports Hall of Fame pada tahun 1990.

9. Mike Tyson

Seorang petinju kelas berat terbesar dalam sejarah hingga saat ini. Diketahui Tyson lahir di Amerika Serikat pada tahun 1966. Dalam karier tinju profesionalnya, Tyson berhasil memenangkan 50 kali dari 58 pertandingan yang pernah dilakoninya. Petinju yang diberi julukan si Leher Beton ini terkenal dengan kecepatan tangan serta keakuratan pukulan, sehingga banyak ditakuti lawan-lawannya di atas ring. Sebuah pertandingan mengantarkan Tyson ke titik nadir ketika melawan Evander Holyfield di tahun 1997.

10. Lennox Lewis

Diketahui Lewis lahir di Inggris. Dia tercatat berhasil memenangkan 41 kali dari 44 pertandingan yang pernah dilakoninya dalam tinju profesional. Sementara itu, 32 kemenangannya dilakukan dengan meng-KO lawan-lawannya. Pertandingannya melawan Mike Tyson menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa. Lewis akhirnya menyatakan pensiun menjadi petinju profesional pada tahun 2004.

Itulah sedikit informasi mengenai 10 petinju legendaris.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- petinju legendaris - muhammad ali melawan lennox lewis - lenox lewis lahir thn - Lenox Lewis lahir di - legenda tinju rocky marciano - legend boxing di dunia - julukan rocky marciano - julukan petinju legenda - julukan petinju legend - siapa petinju legendaris

Artikel Terkait dan Link Sponsor

10 Petinju Legendaris di Dunia Post in | Last updated: January 11th, 2016 - 18 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =